Selamat Datang di Situs Resmi Ayodya Pala
   
 
 
Wulandari, S.Sn (Ketua Litbang AYODYA PALA)

Pusdiklat Seni Ayodya Pala selain sebagai wadah bagi anggotanya untuk berolah seni didalam penyaluran bakat & rasa estetisnya juga bertugas menciptakan iklim yang sehat dan kondusif bagi pengembangan kesenian dikalangan masyarakat.

Dengan pengelolaan management yang profesional Pusdiklat Seni Ayodya Pala diharapkan akan dapat melahirkan generasi - generasi muda yang berkreatifitas di bidang "seni" yang merupakan infrastruktur dasar sosial yang diperlukan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Hesti "Nona" Pala'langan S.Pd (Pengajar Tari Bali di AYODYA PALA)

Di Ayodya Pala sistem pengajarannya sangat bagus, karena silabusnya sesuai dengan materi tari yang akan digunakan. Dalam pengajarannya ayodya pala melatih Wirasa, wiraga dan wirama serta kepribadian.

Menurut saya manfaat dari belajar seni tradisional adalah meneruskan dan mengembangkan khasanah budaya sendiri. Pada penguasaan seni tradisi pada saat ini sangat minim, oleh karena itu diharapkan anak -anak indonesia harus diberi pengetahuan tentang seni sedini mungkin, sesuai dengan talenta yang digemarinya

Heriyanto S.Sn (Pengajar Teater di AYODYA PALA)

Secara Ekstern, Sanggar Seni dan Pusat Pendidikan serta Latihan Seni Ayodya Pala merupakan Barometer perkembangan seni dan budaya daerah dan mengkaji serta mempelajari hampir seluruh kebudayaan dan tradisi nusantara, dan merupakan aset terbesar dari kekayaan sebuah kota. Tentu saja ini bukan menjadi jaminan apabila tidak ditunjang oleh sarana dan prasarana yang memadai sebagai ruang dan tempat untuk mewujudkan harapan tersebut diatas, Pemerintah Kota harus ikut berperan sebagai upaya memperkenalkan identitas Kotanya melalui seni dan budaya.

Secara intern, hal yang terpenting adalah sebuah struktur organisasi dan manajement yang modern sebagai jiwa suatu kelompok, yaitu yang bersumber dari koordinasi dan komunikasi yang baik, sebagai proses kerja yang kreatif, tentu akan menghasilkan tujuan dan harapan yang baik pula. Sebuah produk yang baik dihasilkan karena ada komunitas yang baik. Untuk menuju kearah tersebut, dibutuhkan waktu untuk saling belajar dan mengukur seluruh proses yang telah dilakukan, kemudian menjadi target kedepan dengan sasaran dan tujuan yang tepat, konsisten dan reguler. Perencanaan ke depan untuk mencapai target yang lebih baik sesuai dengan harapan, adalah spirit sebuah kelompok dengan kitab sucinya yaitu Organisasi, Koordinasi dan Management yang modern serta komunikasi yang baik, yang difirmankan oleh Pimpinan dan para anggota, untuk dipatuhi sebagai aturan main dan undang-undang menuju target yang diharapkan ke depan.

Saya percaya, kebutuhan ekstern dan intern yang ada di Ayodya Pala, lambat laun akan merangkak naik, dan menemukan pola organisasi dan Management yang khas, terlebih lagi didukung oleh banyak pihak, terutama sekali Pemerintah Kota, yang sangat membutuhkan seni budaya sebagai identitas sebuah kota. Mohon maaf apabila ada kritik, saran dan kata-kata yang tidak berkenan. Tetapi dari semua itu, saya mempunyai tujuan yang baik dan selalu mengajak kepada semua pihak untuk menuju kearah yang lebih baik dan selalu mengajak semua pihak untuk menuju kearah yang lebih baik. Terutama sekali untuk sanggar seni Ayodya Pala, dimana sebagian waktu dan karya bersama telah menjadi bagian di kehidupan saya.

Puput Tanaka Hastagina (Pengajar Tari Sumatera & Kreasi di AYODYA PALA)

Di Ayodya Pala selama ini yang saya rasakan dan alami adalah sistem pengajaran dan pendidikan yang berbeda dari diklat atau sanggar lain. Mengapa saya bisa berkata demikian karena di Ayodya Pala selain diajarkan Tari Daerah / Tradisi juga mereka dituntut untuk bisa membuat pola lantai dari satu tarian. Jadi di Ayodya Pala anak-anak didik disini dituntut untuk berfikir, mengasah keterampilan juga dituntut kratifitas.

Juga ngak kalah pentingnya management sanggar turut mendukung langgengnya sebuah sanggar / diklat. Management di Ayodya Pala patut dicontoh diklat / sanggar lain.

Nuryaman, S.Sn(Pengajar Tari Jawa Barat di AYODYA PALA)

Ayodya Pala merupakan suatu sanggar atau tempat tumbuh kembangnya kesenian tradisional, dan juga suatu pendidikan seni non formal di lingkungan Kota Depok yang dapat membina, melestarikan dan mengembangkan seni tradisional Indonesia.

Pendidikan Seni Ayodya Pala dapat menumbuh kembangkan minat dan hasrat peserta didik untuk dapat mendewasakan diri, mandiri serta terampil dan kreatif

Dwi Krisna Handayani

Saya Masuk ke Ayodya Pala pertama kali ketika saya berumur 7 (tujuh) tahun, karena saya hoby dan didukung oleh materi yang ada di AP yang selalu bervariasi maka latihan merupakan hal yang menyenangkan ditambah lagi dengan pemberian piala atau penghargaan yang akan diberikan kepada siswa yang berprestasi membawa kami, saya khususnya untuk selalu berprestasi.

Hingga saat ini saya tetap dapat berkarier didunia seni khususnya seni tari dan merasakan / mendapatkan berbagai pengalaman yang saya jadikan sebagai guru terbaik saya. Mengisi berbagai acara yang terkadang sebagai salah satu sejarah , berkunjung kebeberapa negara dengan membawa dan memperkenalkan Budaya Indonesia, memiliki kesempatan untuk dapat mentransfer ilmu dan pengalaman untuk adik adik di sanggar.

Dukungan dari keluargapun menjadi pemicu dan faktor penting dari keberhasilan seseorang. Merupakan hal yang sulit bagi saya untuk menuliskan kesan yang saya dapat untuk Ayodya Pala. Bagi saya Ayodya Pala adalah Producting, Promoting, Producer. Mudah-mudahan dengan adanya website ini Ayodya Pala dapat menebarkan sayapnya, doain kite ye... Mpok ...Bang...he.he.he..

Elyna Mega Putri

Saya masuk di sanggar Ayodya Pala sejak tahun 1992, alasan saya belajar menari di Ayodya Pala karena saya melihat saudara menari, awalnya saya ingin belajar menari bali tetapi saya disarankan untuk masuk untuk mengikuti sistem pembelajaran tari sebanyak 6 (enam) tingkat. Saya juga sering mengikuti lomba-lomba, Festival tari, dan mengikuti beberapa event-event Nasional maupun Internasional seperti halnyapada tahun 2001 saya mengikuti misi kesenian ke Prancis dan Jerman.

Dari Lomba dan Festival yang saya ikuti, saya mendapatkan beberapa piagam, ijasah dan piala. Saat ini saya sudah menjadi pelatih dan sering diajak untuk mengikuti acara reguler di Stasiun Televisi. Dan Alhamdulillah dari situ saya mendapatkan uang saku sendiri. Menurut saya sistem pembelajaran seni di Ayodya Pala sangat bagus. Karena dengan diadakannya ujian kenaikan tingkat, maka kita dapat mengetahui kemampuan setiap siswa dalam seni yang dipelajarinya.

Tri Hasnawati

Hallo nama saya ririen (nama singkat). Kesan saya selama di sanggar Ayodya Pala ini asik banget.. saya belajar tari nggak hanya satu daerah saja tetapi dari daerah seluruh Nusantara. Tapi yang pasti saya belajar bertanggung jawab dan disiplin, and bisa cari penghasilan sendiri. Ayodya Pala makin berkembang banget, baik dari anggota atau muridnya dan juga dalam entertainmentnya.

Oh ya... saya termasuk salah satu anggota Ayodya Pala yang pernah membawa sanggar ini pentas di luar negri.. Tepatnya di Prancis dan Jerman. Tahun 2001 yang lalu. Pokoknya saya berharap Ayodya Pala Maju terus pantang mundur... Dirgahayu 24 tahun Ayodya Pala.

H. Syahlan Arief ( Orang Tua Siswa )

Sangat bangga dan bersyukur karena dari mengikuti kegiatan di sanggar Ayodya Pala anak kami menjadi bertambah percaya diri dan bertambah pengalaman disamping itu untuk mengontrol pergaulan anak kami lebih mudah karena kesibukan di sanggar. Kami pun sangat bangga atas prestasi yang telah diperoleh anak kami, karena telah beberapa kali dipercaya untuk mewakili baik Kota depok maupun DKI dalam acara perlombaan, wisata remaja maupun sebagai duta seni dan juga mengisi acara-acara tertentu.

Untuk itu kami berterimakasih terutama kepada Ibu Budi Agustinah sebagai pimpinan sanggar Ayodya Pala yang dengan sabar telah membimbing anak kami dari kelas 2 (dua) SD hingga sekarang SMA. Dan mudah-mudahan sanggar Ayodya Pala semakin maju dan berkembang, juga dapat cepat membangun gedung untuk berlatih anak-anak didiknya yang semakin bertambah banyak. Amin.